• Breaking News

    zonadana

    Ulasan investasi terkini




    Friday, August 5, 2016

    Kinerja IHSG Terbaik di Dunia



    Mengutip keterangan pers dari Bursa Efek Indonesia (BEI), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pekan ini (1-5 Agustus 2016) menjadi bursa saham dengan penguatan tertinggi di dunia. Laju IHSG dari awal tahun sampai dengan penutupan perdagangan akhir pekan ini telah menguat 18,01% atau 827,24 poin ke level 5.420,25 poin.

    Persentase penguatan IHSG secara year to date masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan bursa-bursa utama dunia seperti Thailand (yang menguat 17,80%), Filipina (14,65%), Inggris Raya (8,33%), India (7,53%), Australia (4,51%), Indeks Dow Jones Amerika Serikat (4,25%), Indeks KOSPI Korea Selatan (2,89%), dan Indeks Hang Seng Hong Kong (1,06%). Bahkan beberapa Indeks utama dunia tercatat membukukan level lebih rendah dibandingkan posisi penutupan akhir 2015 seperti Indeks FTSE Bursa Malaysia (-1,68%), Indeks Straight Times Singapura (-1,89%), Indeks Nikkei 225 Jepang (-14,60%), dan Indeks Shanghai Tiongkok (-15,89%).

    Sepanjang pekan ini, IHSG berhasil melanjutkan penguatannya dengan kembali naik 3,92% ke posisi 5.420,25 poin dari posisi 5.215,99 poin di penutupan pekan lalu. Di sepanjang periode 1 hingga 5 Agustus 2016, rata-rata nilai transaksi harian mengalami kenaikan 14,28% menjadi Rp9,83 triliun dari Rp8,6 triliun di akhir pekan lalu. Laju impresif IHSG juga diimbangi dengan kenaikan rata-rata volume transaksi harian di sepanjang pekan ini yang naik 16% ke posisi 7,81 miliar lembar saham dari 6,73 miliar lembar saham di akhir pekan lalu. Sedangkan rata-rata frekuensi transaksi harian menguat 12,71% ke level 320,05 ribu kali dari 283,95 ribu kali di akhir pekan lalu.

    Performa positif IHSG turut mengerek nilai kapitalisasi pasar modal Indonesia ke level tertingginya sepanjang masa sebesar Rp5.838,51 triliun di akhir pekan ini dari Rp5.614,62 triliun di akhir pekan lalu atau telah meningkat 3,99%. Investor asing di sepanjang perdagangan pekan ini mencatatkan beli bersih di pasar saham Indonesia dengan nilai Rp7,62 triliun, atau naik dua kali lipat dibandingkan nilai beli bersih di sepanjang pekan lalu Rp3,23 triliun. Secara tahunan, aliran dana investor asing di pasar saham masih tercatat beli bersih Rp32,50 triliun. 

    Sepanjang pekan ini, BEI melanjutkan kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan terkait pasar modal. Kegiatan sosialisasi dan edukasi tersebut dilakukan melalui Kantor Perwakilan BEI, yaitu BEI Kantor Perwakilan Riau bekerjasama dengan Mandiri Sekuritas mengadakan Kegiatan Forum Calon Investor PT Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP) Pang. Kerinci pada Selasa (2/6) dan Rabu (3/6).

    Sebagai rangkaian kegiatan dari peringatan 39 tahun diaktifkannya kembali pasar modal Indonesia, serta dengan tujuan menggandeng media lokal untuk menjadi media partner dalam menyebarluaskan informasi mengenai pasar modal Indonesia dan program Amnesti Pajak, maka pada hari ini BEI bersama Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) kembali menggelar kegiatan Workshop Wartawan Pasar Modal yang diselenggarakan di dua daerah yakni Surabaya dan Denpasar. Dalam workshop wartawan di dua kota tersebut, diskusi interaktif dihadirkan oleh para pembicara kepada para wartawan tentang tema-tema teraktual di industri pasar modal diantaranya seperti pengenalan program Yuk Nabung Saham BEI dan Amnesti Pajak, serta bagaimana berinvestasi di pasar modal Indonesia.

    Selain itu, dalam mendukung program pemerintah dalam menyosialisasikan Amnesti Pajak, BEI juga membuka Layanan Yuk Tanya Amnesti Pajak di Main Hall BEI, setiap Senin-Jum’at pukul 08.00 hingga 17.00 dan Sabtu pukul 08.00 hingga 12.00 sampai dengan 30 September 2016 yang akan datang. Terdapat 19 gateway Perusahaan Efek, Bank Persepsi, dan Direktorat Jenderal Pajak yang siap melayani dan menjawab pertanyaan seputar Amnesti Pajak. Di sisi lain, untuk memfasilitasi praktik Tata Kelola Perusahaan yang Baik, khususnya dalam hal transparansi yaitu keterbukaan informasi Perusahaan Tercatat, maka PT Bursa Efek Indonesia (BEI), bersama dengan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) kembali menyelenggarakan acara Institutional Investor Day dan Investor Day 2016 (Investor Day 2016). Acara tersebut diadakan pada Senin (1/8) sampai Kamis (4/8).

    Sedangkan pada Selasa (2/8), BEI bersama dengan Bursa Malaysia Berhad mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama pembentukan Pusat Pasar Modal Syariah Dunia. Penandatangan tersebut disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada acara World Islamic Economic Forum di JCC, Senayan, Jakarta. Dalam mempertahankan hubungan yang baik dengan para stakeholders pasar modal Indonesia, BEI kembali mengundang beberapa emiten untuk membuka perdagangan setiap harinya. Tamu yang memenuhi undangan tersebut pada pekan ini adalah, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) memperingati ulang tahun ke-25 pencatatan sahamnya di BEI pada Senin (1/8), Citigroup Securities Indonesia pada Rabu (3/8), dan MNC Securities Indonesia pada Jumat (5/8).

    No comments:

    Post a Comment